5 Mobil Listrik Era Dahlan Iskan yang Kandas Akibat Kasus Korupsi

- Selasa, 31 Januari 2023 | 22:48 WIB
5 mobil listirk era dahlan iskan yang kandas akibat kasus korupsi. (Pixabay/Joenomias)
5 mobil listirk era dahlan iskan yang kandas akibat kasus korupsi. (Pixabay/Joenomias)

KILASBERITA.ID - Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan menjadi salah satu pihak yang erat kaitannya dengan mobil listrik. Beberapa karya konversi mobil listrik lahir selama ia memegang jabatan itu.

Namun mobil listrik juga yang akhirnya membuat Dahlan harus berurusan dengan kasus korupsi untuk kali kedua. Ia ditetapkan sebagai tersangka sejak 26 Januari 2017.

Kasus mobil listrik yang menjerat Dahlan ini berawal dari kesepakatan tiga BUMN untuk membiayai pengadaan 16 mobil listrik senilai kira-kira Rp 32 miliar. Saat itu PT Sarimas Ahmadi Pratama ditunjuk sebagai pihak swasta yang dianggap kompeten untuk mengerjakan pengadaan tersebut.

Sedangkan tiga BUMN yang dimaksud adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI), Perusahaan Gas Negara (PGN), dan PT Pertamina. Deretan konversi mobil listrik itu digunakan saat konferensi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Nusa Dua, Bali, Oktober 2013.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Pisces 1 Februari 2023: Kesalahpahaman Mungkin Akan Muncul

Mobil-mobil listrik yang telah diproduksi ini namun dianggap tak memenuhi kualifikasi untuk digunakan peserta forum APEC. Untuk selanjutnya mobil diserahkan kepada beberapa universitas untuk dijadikan bahan penelitian.

Melansir cnnindonesia.com, Direktur PT Sarimas Ahmadi Pratama, Dasep Ahmad, kemudian ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan merugikan keuangan negara. Dasep kemudian divonis 7 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan pada Maret 2016 oleh Pengadilan.

Dasep sempat menyebut Dahlan, yang saat itu menjabat Menteri BUMN, berada sebagai wakil penanggung jawab bidang pelaksana proyek.

1.mobil listrik Hyundai Atoz
Salah satu mobil listrik yang identik dengan Dahlan yakni menggunakan bodi Hyundai Atoz. Mobil ini dibuat Dasep dan sempat digadang-gadang akan menjadi mobil listrik nasional.

Mobil yang sempat digunakan Dahlan untuk wara-wiri di Ibukota ini diwacanakan bakal dijual Rp300 juta per unit saat sudah masuk tahap produksi massal.

2.Tuxuci
Mobil listrik lain yang lahir pada era Dahlan Iskan adalah Tuxuci. Mobil ini dianggap mobil sport bertenaga listrik. Namun pada Januari 2013, purwarupa Tucuxi milik BUMN yang dikendarai Dahlan ini ringsek karena mengalami kecelakaan di Magetan, Jawa Tengah.

Baca Juga: Viral! Seorang Anak Anggota DPRD Melakukan Aniaya ke Seorang Tukang Parkir

3.Selo
Selo merupakan mobil listrik yang bentuknya seperti supercar. Pengembangannya menghabiskan Rp1,5 miliar unit prototipe sempat dipamerkan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC 2013 di Bali.

Mobil ini hadir dengan laburan warna kuning yang jika dilihat sepintas mirip MCLaren MP12C. Namun mobil ini diselimuti isu pernah dinyatakan tidak lulus uji emisi untuk digunakan di jalan raya.

Halaman:

Editor: Julian Ferdika

Sumber: cnnindonesia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MUI Menetapkan Es Krim Mixue Halal

Jumat, 17 Februari 2023 | 22:12 WIB

Terpopuler

X