• Sabtu, 26 November 2022

Unpak Akan Bentuk Satgas Cegah Kekerasan Seksual di Kampus

- Minggu, 21 Agustus 2022 | 18:32 WIB
Cegah kekerasan seksual di kampus, Unpak akan bentuk Satgas
Cegah kekerasan seksual di kampus, Unpak akan bentuk Satgas


KILASBERITA.ID - Melihat maraknya kasus kekerasan fisik dan kekerasan seksual yang marak terjadi di lingkungan perguruan tinggiUniversitas Pakuan (Unpak) Bogor akan bentuk tim Satuan Tugas (Satgas).

Upaya pembentukan Satgas tersebut diawali oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Unpak,  dengan melakukan sosialisasi Permendikbud No. 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di lingkungan perguruan tinggi.

Firdanianty Pramono selaku Kepala Pusat Unggulan Gender, Perempuan dan Anak,  memaparkan bahwa saat ini dirinya belum mengetahui seperti apa pencegahan dan penanganan kasus kekerasan seksual di masing-masing fakultas di Unpak.

"Jika ada pengaduan atau laporan dari mahasiswa yang mengalami atau ada korban melaporkan kasus kekerasan seksual, nanti bisa mendatangi Unit Bimbingan Konseling," kata Firdanianty kepada wartawan, Jum'at, 19 Agustus 2022.

Baca Juga: Link Streaming Drakor Big Mouth Episode 7 dan 8 Full HD Subtitle Indonesia Resmi Bukan di Telegram

Tak hanya itu, Unit Bimbingan Konseling di FISIB ini dibawah bimbingan Pusat Unggulan Gender, Perempuan, dan Anak. Dr. Firdanianty, mengungkapkan, pengaduan tentang kekerasan seksual itu lebih ideal melalui tim satgas.

"Unpak sendiri belum memiliki tim satgas untuk penanganan dan pencegahan kasus kekerasan seksual. Jadi untuk sementara laporan itu ditangani langsung oleh masing-masing fakultas yang menaungi korban tindak kekerasan seksual," ucapnya.

Kemudian, untuk pencegahan kasus kekerasan seksual, saat ini telah melakukan hingga ke tahap sosialisasi. Pada bulan lalu pihaknya telah melakukan webinar tentang kampus merdeka bebas dari kekerasan seksual.

"Kami berharap dengan sosialisasi itu, dengan kegiatan belajar mengajar dosen paham apa yang boleh dan apa yang dilarang, demi mencegah adanya tindakan yang mengarah pada kekerasan seksual," kata melanjutkan.

Baca Juga: Manfaat Daun Kelor Bagi Tubuh, Berikut Penjelasannya!

Halaman:

Editor: Refdi Permana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Isi Kegiatan Pembiasaan, SDN Sukaati Cariu Lakukan Ini!

Sabtu, 17 September 2022 | 09:49 WIB

Dua Siswa SMA Negeri 1 Leuwiliang Juara OSN Provinsi

Minggu, 11 September 2022 | 19:43 WIB
X