• Sabtu, 26 November 2022

Apakah Psikopat Ada di Sekitar Kita?

- Minggu, 13 November 2022 | 20:50 WIB
Apakah Psikopat Ada di Sekitar Kita? Ilustrasi (pixabay)
Apakah Psikopat Ada di Sekitar Kita? Ilustrasi (pixabay)

 

KILASBERITA.ID - Kita seringkali mendengar istilah psikopat, dan psikopat seringkali dikaitkan dengan sosok seseorang yang kejam, jahat, menyeramkan dan asumsi negatif lainnya. Tentunya asumsi tersebut tidak datang hanya karena mendengar cerita dari orang lain saja, akan tetapi asumsi tersebut bisa datang karena seseorang telah menonton film, membaca artikel atau mengetahui nya melalui berita dan media social lainnya.

Psikopat sendiri merupakan salah satu gangguan kepribadian yaitu kepribadian anti social yang ditunjukan dengan perilaku kasar, tindak sensitif, manipulatif, tidak memiliki empati, dan mempunyai temperamental yang tidak dapat diprediksi. Nama gangguannya sendiri adalah psikopati.

Seorang psikopat umumya tidak mudah dideteksi atau dikenali, karena seorang psikopat cenderung terlihat atau berpenampilan normal seperti seseorang pada umumnya, bahkan psikopat cenderung disukai banyak orang, karena sifat mempunyai sifat manipulatif yang dimana bisa berprilaku normal seperti bukan seorang psikopati.

Baca Juga: Launching Program Samisade Desa Cibatok 2 Kecamatan Cibungbulang Dibuka Camat Cibungbulang


Lalu, bagaimana seseorang bisa menjadi psikopat?

Para ahli belum belum mengetahui secara pasti penyebab dari psikopat, namun gangguan kepribadian ini diduga muncul karena beberapa faktor atau pengaruuh, bisa karena pengaruh genertik, perubahan fungsi otak, pengalaman traumatis dimasa kecil dan latar belakang keluarga yang tidak harmonis.

Gangguan psikopat tidak muncul begitu saja, gangguan ini membutuhkan proses yang panjang yang dimulai sejak usia anak-anak. seorang psikopat biasanya memiliki pemahaman diri yang rendah untuk menggambarkan keluhan yang dirasakannya, orang dengan gangguan seperti ini biasanya snagat enggan untuk berkonsultasi kepada dokter mengenai gangguann yang dideritanya.

Gangguan kepribadian anti sosial sulit untuk ditebak, karena gangguan ini dapat muncul ketika ia beranjak dewasa, oleh karena itu, mengidentifikasi dan mengetahui ciri-ciri gangguan ini sangatlah penting bagi orangtua. Tentunya tidak semua anak mengalami gangguan kepribadian anti sosial (psikopat).

Halaman:

Editor: Atik Koswara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apakah Psikopat Ada di Sekitar Kita?

Minggu, 13 November 2022 | 20:50 WIB

HUT CLP ke-11, Konsisten Wadahi Sineas Muda Tanah Air

Minggu, 6 November 2022 | 19:08 WIB
X