• Sabtu, 26 November 2022

Innalillaahi wainna ilaihi Rojiun, Kami milik-MU ya Allah

- Senin, 21 November 2022 | 19:59 WIB
Poto gempa bumi Cianjur
Poto gempa bumi Cianjur

KILASBERITA.ID - Musibah datang terkadang tak memberi aba-aba terlebih dahulu. Gempa dengan kekuatan relatif biasa namun berdampak luar biasa terjadi hari senin (21/11/2022). Kekuatan gempa di 5,6 Skala Richter. Berikut potongan berita yang dilansir oleh media Suara.com :

Gempa bumi dengan kekuatan 5,6 SR mengguncang daerah Cianjur dan sekitarnya, tepatnya di provinsi Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) sekitar pukul 13.21 WIB siang.

Laporan yang diungkap oleh BMKG menyatakan bahwa pusat gempa bumi berada di koordinat 6,84 Lintang Selatan (LS) dan 107,05 Bujur Timur (BT), sekitar 10 km dari Barat Daya Kabupaten Cianjur, pada kedalaman 10 km di bawah permukaan laut.
Gempa yang terasa hingga provinsi DKI Jakarta ini membuat masyarakat panik dan segera lari untuk menyelamatkan diri. Beberapa bangunan pun dilaporkan rusak berat akibat gempa bumi ini.

Baca Juga: Gempa Berkekuatan 5.6 SR Dirasakan Warga Bogor Hingga Bekasi

Sejumlah kejadian mengerikan selama dan setelah gempa bumi ini pun bertebaran di media sosial. Hingga kini, petugas berwajib masih mencoba mengevakuasi dan mengidentifikasi para korban gempa. 

Korban tewas berjatuhan
Akibat gempa bumi ini, setidaknya ada 46 orang yang dinyatakan meninggal dunia karena menjadi korban jiwa dalam peristiwa ini.

Hal ini diungkap oleh Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan yang juga melaporkan setidaknya ada 300 korban lainnya mengalami luka-luka akibat gempa tersebut.
"(Korban yang) meninggal dunia ada 56, (korban) luka-luka kurang lebih 300," kata Doni kepada wartawan.

Baca Juga: Kader Paosyandu Desa Purasari Leuwiliang Gelar Olah Raga Antar RW dan Kader Posyandu

Situasi mencekam saat gempa melanda
Situasi mencekam saat gempa pun sempat terekam di beberapa video yang tersebar di media sosial. Beberapa di antaranya adalah kantor pemerintahan di beberapa daerah seperti Depok, Jakarta, hingga Bekasi.
Ratusan orang berseragam pun memadati Gedung Dibaleka, Pancoran Mas, Kota Depok karena panik saat merasakan gempa dari dalam gedung dan berlarian keluar demi menyelamatkan diri.

Halaman:

Editor: Atik Koswara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apakah Psikopat Ada di Sekitar Kita?

Minggu, 13 November 2022 | 20:50 WIB

HUT CLP ke-11, Konsisten Wadahi Sineas Muda Tanah Air

Minggu, 6 November 2022 | 19:08 WIB
X